Tips Membeli Rumah Sendiri Sebelum Menikah

Membeli rumah sebelum menikah memang membuat banyak calon pasangan pengantin pesimis. Hal tersebut dikarenakan tingginya harga pembelian rumah dan butuh perencanaan yang matang.

Sebagai pasangan yang akan menikah, pastinya Anda punya alasan tersendiri kenapa memilih membeli rumah dahulu atau tidak. Misalnya saja jika membeli rumah sebelum menikah, akan menyulitkan kalau secara mendadak pasangannya ingin pindah ke kota lain.

Alasan Mengapa Membeli Rumah Sebelum Menikah

Meskipun begitu, sebenarnya tidak ada salahnya kalau Anda membeli rumah dahulu saat masih single, baik untuk pria maupun wanita. Karena, kalau Anda belum menikah dan belum mempunyai tanggungan, pastinya akan sangat mudah ketika membeli rumah karena masih dapat mengupayakan budget dengan maksimal.

Terdapat beberapa alasan kenapa Anda harus bisa membeli rumah sendiri sebelum menikah atau masih single. Berikut penjelasannya!

  1. Menyewa Rumah Sama Mahalnya dengan Menyicil Rumah

Banyak pasangan yang lebih memilih untuk menyewa atau mengontrak rumah terlebih dahulu setelah menikah. Padahal jika dihitung-hitung, sewa rumah sama mahalnya dengan menyicil rumah.

Meskipun begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan kemampuan finansial. Kalau membeli rumah adalah pilihan, maka setidaknya alokasikan sekitar 30 persen dari penghasilan Anda untuk membayar cicilan.

  1. Mempunyai Rumah Sendiri Bisa Lebih Bebas Dibandingkan dengan Tinggal Bersama Orang Tua

Salah satu keuntungan kalau Anda memiliki rumah sendiri, adalah Anda akan merasa lebih bebas dibandingkan tinggal di satu atap bersama orang tua atau orang lain. Banyak pasangan yang sering bertengkar karena salah satunya merasa tidak betah saat tinggal bersama orang tua atau orang lain.

Dengan mempunyai rumah sendiri, Anda merasa lebih mandiri tanpa adanya gangguan dan campur tangan dari orang lain.

  1. Bisa Dijadikan Sebagai Investasi

Rumah yang Anda miliki dengan lokasi strategis, bisa mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Ini bisa Anda manfaatkan sebagai investasi jangka panjang.

Ketika cicilan kredit rumah Anda telah selesai, maka rumah tersebut bisa dijadikan investasi. Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, apalagi kalau lokasinya strategis. Disamping itu, rumah tersebut juga bisa Anda gunakan untuk hari tua jika memang tidak ingin dijual.

Berdasarkan alasan-alasan yang disebutkan di atas, maka tidak ada salahnya kalau Anda memiliki rumah sendiri saat masih single atau belum menikah.

Tips Membeli Rumah Sebelum Menikah

Jika Anda memang sudah mantap untuk mempunyai rumah sendiri, terapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasannya.

  1. Kondisi Finansial yang Stabil

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan saat membeli rumah, adalah mempunyai kondisi perekonomian yang stabil. Kalau Anda sudah mempunyai pemasukan tetap, baik karena bekerja ataupun mempunyai usaha, maka bisa Anda manfaatkan untuk membeli rumah sendiri.

Hal ini sangat penting, karena harga rumah tidaklah murah. Selain itu, proses membeli rumah juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi buat Anda yang mau mencicil rumah. Kondisi finansial yang stabil, terutama untuk beberapa tahun ke depan, akan memudahkan Anda dalam mewujudkan rumah impian.

  1. Punya Tabungan Khusus untuk Membeli atau Menyicil Rumah

Meskipun kondisi finansial Anda sudah stabil, setidaknya usahakan untuk mempunyai tabungan khusus. Usahakan agar tabungan rumah terpisah dari rekening utama, supaya uangnya tidak terpakai. Jangan sampai rekening untuk tabungan dan yang biasa digunakan sehari-hari tersebut tercampur.

  1. Konsisten Menabung

Punya tabungan saja rasanya kurang lengkap kalau Anda tidak konsisten. Apalagi menabung untuk membeli rumah yang harganya tidak murah. Untuk itu, konsistensi dalam menabung sangatlah penting untuk membeli rumah.

Cobalah Anda tabung sedikitnya 30 persen dari penghasilan setiap bulannya. Usahakan juga untuk memisahkan rekening tabungan dari awal, bukan menjadikan sisa pengeluaran bulanan sebagai tabungan. Dengan Anda bisa menabung secara konsisten, maka target tabungan akan semakin gampang dicapai.

  1. Berinvestasi

Anda juga bisa menginvestasikan tabungan yang bisa digunakan untuk jangka panjang. Anda harus bisa mempelajari terlebih dahulu cara investasi, perkiraan besar keuntungan, serta resiko dari investasi tersebut. Jangan sampai Anda terken investasi bodong, agar terhindar dari berbagai penipuan.

  1. Memantau Perkembangan Harga Properti

Dalam memilih rumah yang akan dibeli, Anda harus bisa mempertimbangkan banyak aspek, terutama harga. Cobalah bandingkan harga-harga rumah antar cluster perumahan yang ada di kawasan tersebut. Anda juga bisa membandingkan harga rumah di daerah lain sebagai referensi tambahan.

Kalau Anda sudah menemukan harga yang cocok, maka rumah tersebut bisa dijadikan sebagai pilihan utama. Selain itu, pertimbangkan juga berbagai aspek lain, seperti posisi rumah, kualitas bangunan, dan lain-lain.

  1. Pertimbangkan Rumah yang Mempunyai Dua Kamar

Ketika Anda memilih untuk membeli rumah, pastikan rumah tersebut mempunyai dua kamar tidur atau lebih. Tujuannya agar Anda mempunyai satu kamar kosong yang bisa dijadikan sebagai ruang tambahan. Apalagi, ketika nantinya Anda menikah dan mempunyai anak, maka kamar tambahan ini akan sangat berguna.

Meskipun begitu, balik lagi kepada pilihan kebutuhan Anda, apakah memang benar-benar membutuhkan rumah yang mempunyai dua kamar, atau cukup hanya satu kamar saja.

  1. Lokasi Rumah

Lokasi rumah menjadi salah satu hal yang penting yang harus Anda perhatikan. Ketika Anda sudah memilih rumah untuk dibeli, pertimbangkan benar-benar jarak antara lokasi rumah dengan tempat Anda bekerja. Selain itu, tidak ada salahnya juga Anda untuk mempertimbangkan jarak antara lokasi rumah sendiri dengan rumah orang tua.

Kalau Anda sudah mempunyai calon pasangan, tidak ada salahnya untuk berdiskusi terkait lokasi rumah yang akan dibeli. Cobalah pertimbangkan beberapa aspek, termasuk lokasi bekerja pasangan Anda, kendala-kendala seperti banjir, jalan rusak, keamanan, dan lain-lain.

Fasilitas di sekitar rumah juga bisa menjadi patokan lokasi rumah. Periksa apakah di dekat lokasi rumah yang akan Anda beli terdapat fasilitas umum seperti pasar, sekolah, rumah sakit, atau tempat penting lainnya. Selain itu, apakah lokasinya juga mudah dijangkau oleh berbagai moda transportasi. Semuanya harus Anda pikirkan sebelum benar-benar menentukan lokasi rumah.

  1. Membeli Rumah Secara KPR

Membeli rumah secara KPR bisa menjadi pilihan Anda. Sistem ini sangat cocok buat Anda yang sudah mempunyai penghasilan tetap, tapi masih belum mempunyai uang yang cukup untuk membayar rumah secara tunai.

Sistem KPR ini paling banyak digunakan, terutama para pasangan yang baru menikah. Anda hanya perlu membayar uang tanda jadi setelah menyerahkan berkas yang dibutuhkan. Setelah kredit diterima, Anda bisa membayarnya dengan menyicil setiap bulan. Pastikan Anda sanggup untuk membayar cicilannya.

Itulah beberapa tips membeli rumah sebelum menikah. Segera pikirkan matang-matang sebelum memulai membeli rumah dan menikah. Jika memang Anda sanggup, maka tidak ada salahnya untuk membelinya.

Agar Anda mendapatkan rumah impian, gunakan jasa profesional yang sudah berpengalaman dalam menangani jual beli rumah baik secara cash maupun KPR. Info lebih lengkapnya silahkan hubungi kontak yang tertera di website www.mmg-pro.com.

Leave a Comment